Home -> Bisnis Online Pemula -> Pengalaman Tips Meningkatkan Profit Hingga 300%

Pengalaman Tips Meningkatkan Profit Hingga 300%

Apakah peningkatan profit 300% dalam 3 bulan adalah sesuatu yang mustahil ? Bahkan bisa lebih besar dari itu. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana tips meningkatkan omzet penjualan yang juga berarti bisa meningkatkan profit / keuntungan dari sebuah bisnis hanya dengan melakukan 5 langkah praktis dan aplikatif terutama untuk teman2 yang berjulan secara online yang terbukti dapat meningkatkan profit hingga ratusan persen.

Tips ini sangat sesuai terutama bagi rekan2 yang berbisnis di tingkat retail atau end user. Baik online ataupun Offline.

Ada sebuah prinsip “Adalah mustahil mengharapkan hasil yang berbeda dengan melakukan hal yang sama” karena itu jika menginginkan kenaikan profit dalam sebuah bisnis, maka diperlukan terobosan yang aplikatif serta mudah di implementasikan yang tentu berbeda dari hal2 yang sering dilakukan setiap harinya.

3 Kunci menuju profit

  1. Pembeli = Jumlah Pengunjung X Persentase Yg Berbelanja
  2. Omzet dari pembeli = Jumlah Belanja X Belanja Brp Kali
  3. Profit dari omzet = persentase Margin

Maka jika kita gambarkan ke dalam flow yang sederhana akan tampak seperti dibawah

Dari grafik diatas dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil akhir yang berupa profit / laba, maka kita cukup memperhatikan langkah2 yang dikotak merah yang akan menghasilkan kotak hitam yang berujung pada profit / laba.

Jumlah Pelanggan adalah jumlah persentase pengunjung/prospek yang jadi membeli produk yang kita tawarkan.

Maka cara meningkatkan jumlah pelanggan adalah dengan cara meningkatkan jumlah pengunjung dan juga meningkatkan persentase yang membeli/berbelanja.

A. Meningkatkan Jumlah Pengunjung / prospek.

 

Tujuan utama ada 2, yaitu memberi tahu sebanyak orang tentang produk yang kita tawarkan sehingga yang awalnya tidak tahu bisa menjadi tahu. Dan yang kedua setelah tahu tertarik untuk berkunjung / datang ke tempat kita.

Dalam dunia online maka dikenal dengan istilah Traffic Generation. Yang tujuan utamanya adalah mendatangkan lead atau calon pembeli ke website atau landing page atau social media yang sudah disiapkan untuk menangkap calon pembeli ini.
Sangat banyak metode mendatangkan traffic ke tempat yang sudah disiapkan dalam hal ini semisal website.
Maka hal yang harus kita lakukan adalah melakukan traffic generation yang belum kita lakukan. Semisal, jika selama ini hanya mengandalkan SEO atau marketplace, maka ada baiknya mulai menggunakan metode lain semisal Google Adwords atau FB Ads. Kedua platform ini sangat besar penggunanya di Indonesia, dengan tujuan menangkap potensi calon pembeli lain yang bisa jadi belum tertangkap dengan metode pemasaran yang sudah dijalankan selama ini.

Jika kita bisa menambah jumlah trafik baik dengan menambah chanel pemasaran atau menambah budget iklan, maka langkah pertama untuk meningkatkan traffik bisa tercapai.

Ada SALAH PAHAM yang menurut saya harus di luruskan paradigma nya. Yaitu ketika berhasil menambah traffik maka otomatis akan menambah profit secara signifikan.
Profit secara langsung mungkin iya karena potensi pembeli otomatis naik, akan tetapi ingat bahwa effort menambah chanel marketing pasti membawa modal tersendiri, baik modal waktu, tenaga ataupun uang/cost. Jika salah dalam menghitung, maka hanya menambah cost tapi kenaikan profit tidak signifikan yang ujungnya ternyata BONCOS alias RUGI, Karena tidak selamanya menambah omzet selalu berbanding lurus dengan penambahan profit.

Karenanya penambahan trafik lead atau calon costumer ini hanya 1 langkah dari 5 langkah selanjutnya.

B. Meningkatkan % Yang Berbelanja / Konversi

Tugas kedua setelah mendatangkan trafik adalah meningkatkan persentase konversi dari setiap pengunjung tersebut.
Ada pertanyaan besar bagi seorang calon pembeli jika telah berkunjung ke tempat kita yaitu “Mengapa saya harus membeli disini?” dibandingkan di tempat lain, atau apa keuntungan buat saya (pembeli).
Mau tidak mau, sifat “egois” pembeli akan muncul, yaitu apakah benefit yang mereka dapatkan sebanding dengan value yang mereka bayarkan, serta tingkat resikonya.

Sebagai penjual, jika kita bisa memberi jawaban berbagai benefit untuk calon pembeli tersebut diatas, maka bisa dipastikan tingkat konversi akan semakin meningkat.
Yang saat ini banyak sekali buku atau training yang membahas copywriting atau hypnoselling dan berbagai macam metode lainnya.

Dalam dunia online ada beberapa hal praktis yang cukup manjur untuk meningkatkan daya konversi.

  • Penawaran sensasional, diskon, cuci gudang
  • Jaminan, garansi
  • Endorse, testimoni
  • Sertifikasi, penghargaan

Inti dari teknik kedua ini, pastikan bahwa benefit yang kita berikan lebih besar / baik, dari value yang mereka bayarkan. Meski benefit tersebut hanya bersifat emosional bukan yang dapat di ukur dengan materi.

C. Berbelanja Lebih Banyak

Jika mau jujur, maka sebagian besar orang membeli karena faktor emosi, bahkan beberapa literatur ada yang mengatakan 80% dipengaruhi emosi daripada sekedar produk itu sendiri.
Maka hal ini bisa dimanfaatkan agar pembeli tersebut mau membeli lebih banyak lagi setiap kali berkunjung.

Setidaknya ada 3 emosi sederhana yang bisa “dimanfaatkan” agar pembeli mau membeli lebih banyak.

  1. Keserakahan / Greedy = tapi bukan dalam arti yang negatif, disini menggambarkan bahwa karakteristik umum manusia, klo bisa mendapat lebih banyak dan lebih baik, mengapa tidak ?
    Maka ada beberapa penawaran yang bisa dilakukan semisal
    – Pembelian paket lebih murah
    – Cross Sell
    – Upsell
    – Komplementer
    – List
  2. Scarcity / Kelangkaan = Bahwa harus membeli saat ini juga karena tidak akan terulang kembali momen ini.
    – Diskon Hari ini saja
    – Besok harga naik
    – Hanya 5 pembeli pertama
    – Stok Terbatas
    Dan berbagai kata kunci lainnya yang jika di dalam penawaran akan bisa meningkatkan jumlah persentase konversi.
  3. Sosial = Ini adalah faktor yang sangat mulia, yaitu penjual pembeli melakukan jual beli karena didasarkan bukan sekedar produk dan profit, tapi berniat agar sebagian hartanya disalurkan untuk aktivitas sosial.
    – 50% Profit disalurkan ke rumah yatim
    – Setiap produk terjual sama dengan mengurang 1 orang putus sekolah
    Dan berbagai aktivitas amal lainnya yang bisa menggugah pembeli untuk mau menyisihkan dana dengan kompensasi produk yang kita tawarkan

Dan masih banyak lagi emosi yang lainnya yang bisa teman2 baca pada berbagai buku teknik marketing.

D. Meningkatkan persentase pelanggan yang kembali lagi

Membuat Audience FB yang pernah berinteraksi

Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh para pebisnis online, bahwa data pelanggan yang di dapatkan itu adalah harta yang sangat bernilai. Data pelanggan yang sering bisa di dapatkan melalui transaksi online seperti no hp dan email harus disimpan. Karena dengan kedua hal tersebut kita bisa mengajak mereka kembali ke toko kita tanpa harus mengeluarkan budget yang besar untuk beriklan kembali.

Contoh hal2 yang bisa membuat mereka kembali :

  1. Diskon jika kembali
  2. Member card dengan benefitnya
  3. 10 x gratis 1 atau hadiah berseri
  4. Magic moment seperti Ultah, hari pernikahan dsb

Sedang metode2 yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi kembali :

  1. Broadcast SMS / WA
  2. Broadcast Notification FB, Website atau Aplikasi
  3. Email
  4. Membuat audience yang spesifik berdasarkan email atau no hp tersebut

Sehingga pelanggan Anda merasa spesial dengan proses komunikasi yang terus terjalin. Teman2 dapat melihat artikel kami bagaimana memanfaatkan data ini pada artikel konversi tetap tinggi saat iklan mahal.

E. Besarkan Margin Profit

Pada step terakhir ini sebaiknya dilakukan setelah melalui 4 step diatas. Membesarkan persentase margin sebaiknya melalui proses panjang terlebih dahulu. Memperbanyak transaksi dan juga pelanggan yang loyal yang telah terbukti dengan adanya repeat order yang banyak.

Alasan mengapa harus meningkatkan margin adalah demi kelangsungan dan pengembangan bisnis itu sendiri.
– Dengan profit yang lebih besar, maka kita tidak terpengaruh (sangat kecil pengaruhnya) dengan dinamika semisal mahal atau murahnya beriklan.
– Bagi penjual yang mengambil profit kecil, pastilah selalu degdeg-an jika beriklan, apakah hari ini untung atau rugi.
– Berapa yang harus terjual untuk menutup operasional cost harian.
– Dsb

Tentu semuanya harus terkonsep dengan baik pada business plan dan business model nya. Jika teman2 bisa menghasilkan profit lebih besar dengan effort yang sama, maka tentu kita memilih potensi yang lebih besar.

Pada step terakhir ini hanya ada 2 proses utama yaitu naikkan harga dan kurangi cost.

Beberapa contoh metode yang bisa dilakukan :

  1. Menaikkan harga
  2. Tanpa diskon untuk produk best seller
  3. Menghemat semua biaya operasional
  4. Team sales dibayar berdasakan penjualan
  5. Beli bersama agar mendapat diskon besar ke suplier
  6. Jual cash, belii tempo
  7. outsource

Kelima langkah A-E tersebut itulah yang bisa cukup membantu menaikkan omzet dan profit secara signifikan.
Mari kita buat simulasi dengan memasukkan angka kedalam grafik 5 ways dibawah.

Dalam simulasi diatas bahwa
– Pengunjung naik 20%
– % Berbelanja naik 20%
– Rata2 berbelanja naik 20%
– Repeat order dari 1 menjadi 2
– Dan margin dari 20% ke 30%
Maka bisa dihasilkan total profit laba bisa naik 500%.

Karenanya jika kita mentarget kenaikan profit bisnis hingga 300% dalam 3 bulan, maka masih sangat masuk akal dan telah saya buktikan sendiri !

Kesimpulan :

  • Lakukan inovasi teknik dari 5 step diatas dengan teknik yang belum pernah dicoba atau meningkatkan kuantitasnya.
  • Jangan terfokus hanya pada 1 step saja semisal hanya menambah budget iklan tanpa menyiapkan step yang lain. Karena jumlah kenaikan tidak akan signifikan dibandingkan jika mengerjakan kelima step diatas.
  • Siapkan strategi & teknik yang unik yang tidak terbatas contoh2 diatas, Akan tetapi selalu bisa dikategorikan ke salah satu step diatas.

Saya sudah membuktikan, bagaimana dengan pengalaman teman2 ?

Literatur :
– Materi Genpro Mentoring Business
– Buku Instan Profit , Bradley J. Sugars

About Fendy Resdian Artanto

Konsultan Pemasaran Internet- Konsultan Pemasaran Internet UKM -Skill: SEO, SEM, FB marketing

Check Also

Konversi Tetap Tinggi Saat Fb Ads Jadi Mahal

Terkadang FB ads bisa menjadi mahal. Apalagi jika jelang Romadhon atau moment lain seperti akhir tahun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *