Home -> Adwords -> Cara Meningkatkan Quality Score Adwords Ads

Cara Meningkatkan Quality Score Adwords Ads

Quality Score adalah salah satu parameter yag sangat berpengaruh dalam menentukan posisi iklan (Ad rank) di dalam pencarian. Rumus Ad rank secara sederhana dapat dilihat pada gambar berikut

Rumus Adrank
(sumber : searchengineland.com)

Ad Rank = Rangking Iklan yang akan menjadi posisi iklan dalam pencarian.
Quality Score = Penilaian google terhadap relevansi iklan yang kita buat yang dipengaruhi beberapa faktor.
CPC BID = Jumlah maximal biaya yang kita ajukan.

Posisi iklan akan ditentukan oleh besar dari Ad Rank. Sedangkan Ad rank secara umum ditentukan 2 aspek diatas. Tidak selamanya jumlah bid yang besar, posisi iklannya selalu berada diatas bid yang lebih kecil. Ayuk kita gambarkan sederhana seperti gambar ilustrasi di bawah

( sumber : invisionnet.com )
( sumber : invisionnet.com )

Dari Ilustrasi diatas dapat disimpulkan beberapa hal :

  1. Advertiser A mendapat nilai Adrank paling tinggi yang berarti mendapat posisi iklan no 1 meski max CPC bid nya hanya $2 (paling kecil dibandingkan yang lainnya)
  2. Semakin tinggi Quality Score akan semakin meningkatkan nilai adrank dan semakin mengecilkan actual CPC atau biaya per klik sesungguhnya.

Biaya iklan yang murah dan efektif tentu menjadi tujuan kita. Karena itulah meningkatkan Quality Score Adwords Ads menjadi sangat penting.

Lalu bagaimanakah cara meningkatkan quality score adword tersebut ?

Setidaknya ada 3 hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan quality score tersebut.

A. Tingkatkan nilai CTR (Clickthrough rate) pada iklan Anda. Ini adalah faktor terbesar dalam meningkatkan nilai Quality Score.

Lalu bagaimana cara meningkatkannya ? Ada 3 tips jitu

  1. Pertama : buat iklan semenarik dan se relevan mungkin sehingga memiliki daya tarik sendiri, sehingga setiap kali muncul dalam pencarian maka memiliki potensi yang lebih besar untuk di klik oleh pengunjung. Ingat rumus CTR adalah Jumlah Klik / Impressi. Sehingga semakin besar jumlah klik maka iklan Anda akan dianggap paling relevan dan paling menarik bagi pengunjung.
  2. Kedua : Hanya bidik keyword yang relevan dan segera hilangkan keyword yang tidak relevan. Sehingga nilai CTR Anda akan semakin meningkat karena iklan anda benar2 tertarget kepada orang2 yang benar2 mencari keyword tersebut.
  3. Ketiga : Usahakan selalu berada pada posisi atas maximal posisi 5 besar. Apalagi jika iklan anda masih baru dan belum memiliki history iklan. Hal ini bertujuan agar mendapat CTR tinggi terlebih dahulu, yang kemudian akan di optimasi selanjutnya dengan menurunkan nilai Bid secara perlahan. Hal ini bisa dilakukan secara manual atau otomatis menggunakan Automated rules.

B. Relevansi iklan, keyword dan Landing page yang tinggi.

Maksimalkan optimasi dan tingkat relevansi antara keyword + iklan serta landing page (website yang di iklankan). Setidaknya ada beberapa cara yaitu :

  1. Sisipkan Keyword yang di bidik pada Title atau minimal pada deskripsi iklan, serta sisipkan pula di landing page.
    Misal : Ketika membidik kata “Jual Tas Murah” misalnya maka usahakan kata tersebut menjadi bagian iklan kita baik di title (judul iklan) atau minimal pada deskripsinya.
    Lalu kemudian di website yang kita buat, sisipkan pula keyword tersebut pada artikel atau isi website. Agar lebih optimal, jika memang perlu ulangi beberapa kali penyisipan keywords tersebut, serta dapat pula memberi atribut seperti Header, Bold dan sebagainya pada keywords tersebut. Hal ini seperti melakukan Optimasi SEO Onpage.
    judul-iklan
  2. Evaluasi secara periodik Search Term atau keyword yang masuk ke dalam iklan kita. Lalu segera hilangkan keyword yang tidak sesuai dan tambahkan keyword yang sesuai kedalam grup yang berbeda agar dapat di evaluasi dengan mudah nantinya. Sehingga tingkat relevansi antara iklan, keyword dan landing page semakin tinggi secara perlahan.

C. Optimasi Landing Page

  1. Landing page atau website harus memiliki loading page yang cepat. Jika pengunjung membuka website dan ternyata sangat lambat, maka sangat mungkin akan segera mengklik tombol back. Yang akhirnya membuat bounce rate semakin tinggi dan CTR semakin rendah. Karena itu wajib memiliki website yang ringan dan cepat.
    Secepat apakah website anda ? Anda dapat melakukan test di situs gtmetrix.com dan anda dapat membaca rekomendasi apakah yang diberikan agar kecepatan loading situs anda lebih cepat.
  2. Navigasi yang mudah dan lengkap.
    Mudah berarti terlihat jelas bagi pengunjung sehingga pengunjung akan betah lama di situs anda sehingga tingkat bounce rate akan menurun.
    Lengkap berarti memberi navigasi yang memadai seperti About Us, Contact Us, TOS, FAQ dsb. Hal ini menjadi penilaian quality score. Apalagi jika website Anda masih baru dan belum pernah di iklankan pada google adwords.
    Banyak sekali kasus iklan adwords ditolak, karena kualitas landing page sangat rendah, tidak memiliki navigasi atau hanya terdiri 1 atau beberapa halaman saja.
  3. Spesifik.
    Sebaiknya dan sangat disarankan membuat landing page yang spesifik untuk setiap keyword produk. Misal Anda adalah toko bunga yang menjual berbagai macam bunga. Kali ini akan mengiklankan tentang bunga mawar. Maka akan lebih baik membuat halaman khusus produk yang membahas tentang bunga mawar, lalu iklan di arahkan ke halaman landing page tersebut. Jangan pada halaman HOME yang terdiri dari banyak macam bunga.

Setidaknya ketiga hal diatas itulah yang sangat membantu meningkatkan Quality Score.

Untuk memperdalam bagaimana pengaruh quality score, berikut dibawah ini adalah beberapa contoh screen shot langsung dari akun adwords yang kami tangani. Pada screen shot dibawah dapat dilihat bagaimana pengaruh Quality Score terhadap murah atau mahalnya biaya iklan yang dikenakan kepada kami.

Quality Score yang baik

contoh-quality-score-tinggi

contoh-quality-score

quality-score-client

 

Quality Score yang rendah

contoh-quality-score-rendah

Dari contoh2 gambar screen shot diatas rekan2 pasti udah bisa mengambil kesimpulan bukan ?

Jadi menurut anda, kira2 apa yang harus dilakukan untuk website anda ? yuk diskusikan di komentar dibawah.

About Fendy Resdian Artanto

Konsultan Pemasaran Internet- Konsultan Pemasaran Internet UKM -Skill: SEO, SEM, FB marketing

Check Also

Google Adwords Anti Boncos

Sudah sering beriklan di google adwords tapi sering boncos ? Konversi jelek, trafik sedikit dan …

One comment

  1. Bagaimana cara meningkatkan kinerja iklan agar tampil pada halaman pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *