13 December, 2018
Home -> Bisnis Online Pemula -> Menganalisa hasil riset google keyword planner

Menganalisa hasil riset google keyword planner

Oke rekan rekan pada posting sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara melakukan riset sederhana untuk mendapatkan data awal keyword2 Optimasi. Nah saat ini kita akan bahas arti angka2 yang menyertai riset tersebut. Soo mari kita analisa hasil riset google keyword planner pada kolom yang kita dapatkan pada posting sebelumnya.

Keyword OptimasiJumlah Pencarian Tiap bulanKompetisi (Iklan google)Allintitle (Seo)keterangan
Agen Pulsa Murah1300High254000
Dealer pulsa murah210High142000
Distributor pulsa murah480High338000
grosir perlengkapan haji90Low2080
jual perlengkapan haji70Low1750

Data diatas diambil saat menulis tutorial ini. Bisa berubah seiring waktu hanya saja konsepnya tetap sama.

Keterangan :

  • Jumlah rata2 pencarian tiap bulan (avg monthly searches) = Jumlah rata2 orang mencari keyword optimasi tersebut di kolom pencarian google. Jika semakin besar jumlahnya maka keyword tersebut memiliki potensi yang sangat besar pula.
  • Kompetisi (Competition) = Tingkat kompetisi di kolom iklan google atau jumlah pengguna google adwords (iklan berbayar google). Semakin tinggi maka biaya iklan akan semakin besar karena jumlah pemasang iklan untuk keyword tersebut juga banyak. Data ini diperlukan bagi rekan rekan yang memilih iklan google untuk mempromosikan produk rekan2. Saya pribadi juga lebih cenderung menggunakan google adwords jika mendapat keyword yang memiliki kompetisi menengah kebawah atau untuk keyword yang biaya iklannya kecil dan memiliki potensi keuntungan yang besar.
    Apa saja keuntungannya akan kita bahas pada posting yang lain.
  • allintitle = Jumlah title (judul) halaman yang membidik kata kunci tersebut. Semakin besar jumlahnya, maka tingkat persaingan SEO (Search Engine Optimization) akan semakin sulit. Hal ini dikarenakan semakin besar jumlahnya, maka berarti makin banyak pula kompetitor lain yang juga membidik keyword tersebut. Judul halaman (title) adalah faktor SEO onpage yang paling dominan. Akan tetapi bukan berarti tidak ada peluang yang lain. Akan kita bahas lebih detail pada posting yang berbeda nantinya Insya Allah.

Oke dari data diatas yuk kita ambil contoh kasus antara keyword “Agen pulsa murah” vs “Distributor pulsa murah”. Klo analisa rekan2 dari 2 kata tersebut kira2 rekan akan memilih kata yang mana yang lebih potensial + lebih mudah ?

Ya betul, keyword “Agen Pulsa Murah” jauh lebih menguntungkan. Setidaknya ada 2 faktor yang mendukung tersebut. Pertama jumlah pencarian lebih besar, maka potensi pasar juga lebih banyak.
Kedua ternyata jumlah Allintitle nya lebih kecil, berarti jumlah kompetitor yang membidik keyword tersebut lebih kecil dibandingkan “Distributor Pulsa Murah”.┬áMeski keduanya termasuk keyword yang sangat tinggi tingkat kompetisinya, hal ini bisa dilihat pada kolom kompetisi yang sama2 memiliki kompetisi high.
Tentu saja kami tidak menyarankan berkompetisi di keyword ini bagi rekan rekan yang masih pemula karena masih terlalu besar jumlah kompetitornya.

Lalu bagaimana dengan kedua keyword selanjutnya, yaitu “Grosir Perlengkapan Haji” vs “Jual Perlengkapan Haji” ?
Ya betul, diambil aja keduanya … heheheh. Mengapa ? Karena jumlah kompetisi SEO (Allintitle) sangat kecil yaitu dibawah 5000. Bahkan tingkat kompetisi iklannya pun low. Meski pencarian tidak sampai 100 pada masing2 keyword, akan tetapi jika digabungkan dan ditambah dengan keyword2 lainnya maka bisa berubah menjadi ratusan hingga ribuan jumlah pencarian tiap bulan. Jika jumlah allintitle dibawah 5000, maka kompetisi menuju 3 besar google menjadi tidak terlalu sulit. Bahkan kadang cukup menggunakan metode SEO Onpage saja agar bisa muncul di 3 besar hasil pencarian google.
Demikian juga jika kompetisi adword kecil. Maka dengan anggaran iklan yang kecil tiap bulan, maka produk kita akan selalu berada dibagian atas halaman pencarian (Kolom iklan google).

paid-ads

Beberapa Tips untuk pemula setelah menganalisa keyword

  • Untuk pemula sebaiknya mencari keyword dengan jumlah allintitle < 5000. Hal ini bertujuan agar keluar dari kompetisi yang berat terlebih dahulu. Sehingga website rekan2 bisa menjadi 3 besar google dan bisa segera mendapatkan konversi penjualan.
  • Mulai dari bisnis lokal jika memungkinkan, yang biasanya sangat kecil kompetisi SEO nya (allintitle).
  • Jika memiliki anggaran Iklan ada baiknya menggunakan iklan google adwords, apalagi jika kompetisi adword termasuk kecil (Biayanya murah). Hal ini akan mengefektifkan waktu rekan rekan untuk berkonsentrasi membangun bisnis dibandingkan harus berkutat masalah SEO yang cukup melelahkan. Yang terpenting harus tetap dihitung antara keuntungan dan biaya iklan.

Demikian rekan rekan analisa sederhana dengan menggunakan tool google keyword planner. Tools ini adalah buatan google yang datanya cukup valid untuk data awal melakukan riset ide bisnis.

Jika rekan rekan memiliki ide lain yuk kita diskusi dengan komentar di bawah.

About Fendy Resdian Artanto

Konsultan Pemasaran Internet- Konsultan Pemasaran Internet UKM -Skill: SEO, SEM, FB marketing

Check Also

Google Adwords Anti Boncos

Sudah sering beriklan di google adwords tapi sering boncos ? Konversi jelek, trafik sedikit dan …

One comment

  1. Salam kenal
    Terima kasih atas sharing artikelnya, Sangat bermanfaat. Mungkin untuk allintitle bisa dijelaskan bagaimana cara melakukannya. mungkin disertai gambar agar yang pemula bisa mengerti tapa menebak nebak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *