17 November, 2018
Home -> Bisnis Online Pemula -> Mencari Ide Bisnis Online

Mencari Ide Bisnis Online

Rekan2 ada yang pernah merasakan bingung untuk memulai atau mencari ide bisnis online ? Atau saat ini sedang bingung mau memulai bisnis online dan tidak tahu harus memulai darimana ? Demikian juga kami dahulu bingung bagaimana cara memulai berbisnis di dunia Internet ini. Bahkan pertanyaan yang mendasar apakah betul Internet bisa digunakan untuk berbisnis online ? Dan sekarang semua sudah terjawab ternyata berbisnis di dunia online sangat besar potensinya

ide bisnis online

Rekan2 tidak perlu bingung lagi, kami akan mencoba menjelaskan betapa sangat besar sekali peluang bisnis di dunia online dan betapa mudahnya mencari ide bisnis online tersebut. Mulai dari pengumpulan ide, riset keyword, tips kerjasama dengan pemilik usaha, sampai eksekusi meng-online-kan bisnis rekan sekalian.
Oke kita mulai yuk.

Ide bisnis online sebenarnya sama dengan berbisnis konvesional atau Offline. Akan tetapi bisnis online mempunyai karakteristik dan beberapa keuntungan bisnis online yang tidak dimiliki bisnis offline. Karena itulah mencari ide bisnis online bisa dimulai dari penggalian informasi dari sekeliling kita.
Misal nih kita buatkan kolom seperti dibawah ini

Saudara / KeluargaTeman / SahabatKenalan
Kakak = Bisnis Baju...........................
............Adi = Pintar Desain............
........................Orang Perumahan = Aqiqoh
Orang Tua = Ternak Puyuh........................
........................Service AC

Nah cobalah untuk mengisi kolom tersebut diatas dengan nama dan bisnis yang dimiliki orang yang kita kenal yang dibagi 3 kelompok besar, yaitu keluarga, rekan/sahabat dan kenalan.

  1. Ya ide bisnis online yang pertama adalah menjadi Broker tau istilah kerennya Marketing (Makelar Everything hehehehe 🙂
    Menjadi marketing dari berbagai bisnis orang2 terdekat kita atau kenalan yang kita miliki adalah potensi pertama dan yang paling mudah mengeksekusinya.
    Coba klo tidak percaya buat dan isilah seperti tabel diatas yang masing masing kolom di isi minimal 10 orang. Maka secara tidak sengaja kita sudah memiliki 30 petensi bisnis yang siap di online kan. Mudah dan simple kan ? tentu teman2 kita lebih dari 10 orang bukan ? kita beri istilah Teman membawa REJEKI
  2. Ide kedua adalah dari Hoby. Jika berbisnis dimulai dari hoby dan pasion, maka bisnis akan terasa lebih mudah. Ada cerita seorang teman pintar desain. Dari hoby desain itulah ia menjual skil desainnya di facebook. Rekan2 tahu berapa tarifnya ? setiap desain sederhana sekitar 150 rb. Dan ternyata hampir setiap hari bisa mendapat order desain logo, maskot, brosur, dan sebagainya. Sehingga kemampuan skill desainnya meningkat, uangpun mengalir terus ke kantong. Ini namanya Hoby membawa HOKI
  3. Ide selanjutnya adalah dari kolom iklan baris yang sering kita baca di koran ataupun di majalah, atau dari leaflet atau brosur yang sering disebarkan ke rumah rumah atau tempat tempat umum. Ini adalah harta karun yang sangat berpotensi. Pemasaran via brosur seperti tersebut kadang tidak tepat sasaran,  karena hanya disebarkan secara acak. Betapa banyak orang yang tidak memerlukan informasi yang disebarkan tersebut dan betapa banyak pula seharusnya orang yang memerlukan informasi tersebut tapi tidak mendapatkannya.
    Nah bagaimana cara agar tepat sasaran? Caranya harus berpromosi melalui situs pencari seperti google.
    Misal nih jika rekan2 memerlukan informasi atau solusi terhadap suatu masalah, maka situs apa yang rekan buka pertama kali ? Ya tentu jawabannya adalah mbah google. Dan hasilnya adalah sesuai dengan kebutuhan pencari.
    Nah bagaimana jika salah satu website yang terpampang pada hasil pencarian adalah website kita yang memberi jawaban dan solusi atas permasalahan para pengguna google tersebut ? tentu sangat mungkin kita bisa melakukan monetize terhadap website kita tersebut dengan menawarkan solusi atau produk. Maka kami memberi istilah point ketiga ini, Masalah Anda Rejeki Kami.
  4. Tidak lupa selanjutnya adalah Yellow Pages pada buku Telepon. Di Yelow pages kita dapat menemukan Produsen atau Distributor pertama suatu produk yang sangat mungkin bisa menjadi ide bisnis yang berpotensi menjadi besar karena langsung dari produsen, importir sampai distributor pertama. Point ke empat ini kami beri nama Tangan Pertama.

marketing

Kami memiliki pengalaman bagaimana bisnis lokal bisa menembus Export (mengirim ke luar negeri) dari internet. Kami memiliki rekan yang memiliki toko perlengkapan haji dan umroh. Selama ini tentu hanya memasarkan untuk wilayah lokal daerah. Setelah kami advice dan meng online kan, maka produknya bisa tembus nasional bahkan ke manca negara dengaan sebuah website yang sederhana yang menjual perlengkapan muslim. Asyik kan ?
Itu salah satu contoh bagaimana bisnis rekan kita sendiri dapat kita online kan dan menjadi bisnis yang lebih luas pasarnya dan tentu lebih besar potensi keuntungannya.

Pertanyaannya sekarang apakah semua bisnis dapat segera di Online kan ? Menurut kami bisa, akan tetapi jika ingin menghasilkan lebih cepat dan tanpa effort yang besar, maka harus di riset terlebih dahulu bisnis mana yang berpotensi sangat besar dan mana yang biasa biasa saja potensinya jika di online kan.
Sebelum kita meriset tentunya kita harus bisa menentukan bisnis tersebut memiliki target bisnis pasar Lokal atau Global yang kita bahas pada bab selanjutnya.

Oke rekan rekan 4 hal diatas adalah metode mencari ide yang paling simple. Jika rekan rekan memiliki ide lain silahkan komen di bawah ya. Semoga bisa bermanfaat untuk semua.

About Fendy Resdian Artanto

Konsultan Pemasaran Internet- Konsultan Pemasaran Internet UKM -Skill: SEO, SEM, FB marketing

Check Also

Google Adwords Anti Boncos

Sudah sering beriklan di google adwords tapi sering boncos ? Konversi jelek, trafik sedikit dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *