16 December, 2017
Home -> Adwords -> Memulai Beriklan Di Google Adwords

Memulai Beriklan Di Google Adwords

Kali ini kita akan membahas beriklan di google adwords, yang lebih spesifik lagi di google search. Sebelumnya silahkan d cek kembali materi2 google adwords serta tujuan beriklan.

Untuk kali ini kita akan membahas tujuan beriklan agar terjadi penjualan / konversi pada toko online pada google search network. Target iklan kita adalah, agar iklan yang kita setup dapat muncul di bagian atas pencarian seperti pada gambar.

ss-iklan-adwords

 

Oke langsung aja buka google adwords : adwords.google.com dan masukkan email rekan2 sekalian.

Saya sarankan menggunakan 1 email untuk 1 website. Google memperbolehkan kita memiliki banyak akun adwords tanpa takut terkena banned. ( sumber : G+ google ) Dan jika sudah sangat banyak, rekan2 bisa menggunakan google adwords manager account atau yang dulu disebut dengan My Client Center (MCC).

  1. Create campaign
    1.create-campaign
  2.  a. Search network = hanya memilih kampanye iklan di pencarian google
    b. All Feature = Pastikan centang ini agar semua fitur google adwords muncul. Jika memilih standart fitur seperti penjadwalan iklan dan beberapa fitur lainnya tidak muncul.
    c. Campaign Name = Masukkan nama kampanye. Biasanya nama website
    d. Google search network = Bersifat optional. Jika dicentang maka kampanye iklan kita juga akan ditampilkan di website2 lain yang menggunakan google search sebagai pencarinya seperti AOL, ASK dsb. Kami sarankan tidak perlu di centang jika mentarget Indonesia.
    2.campaign-name
  3.  a. Location = Indonesia
    b. Language = Indonesian + English.
    Mengapa memilih 2 bahasa. Karena di Indonesia, saat mengetikkan pencarian di browser, kadang kala di redirect di google.co.id (Indonesian) tapi kadang juga di redirect ke google.com (English) . Jika hanya membidik Indonesia saja, maka kita akan menghilangkan potensi pencari dari google.com.
    3.location
  4. a. Bid = Pilih manual CPC agar kita memiliki kontrol penuh terhadap bid yang akan kita pasang di google adwords. Kita bisa melakukan optimasi nantinya.
    b. Default Bid = Isi berapa bid maximal yang ingin anda keluarkan setiap kali iklan di klik. Biaya perklik iklan tidak akan melewati bid yang kita masukkan disini kecuali jika melakukan perubahan di tabel keyword nantinya. Penentuan bid memerlukan analisa awal. Jika bid terlalu kecil, maka iklan bisa jadi tidak muncul ataupun jika muncul tidak berada di posisi atas. Penentuan bid yang besar tapi tidak di imbangi dengan quality score yang baik maka bisa jadi akan membuat biaya iklan membengkak.
    c.  Budget = Jumlah budget harian yang ingin anda spend / belanjakan di google adwords agar iklan kita berjalan dalam 1 hari. Penentuan budget ini harus melalui analisa singkat. Jika terlalu sedikit maka iklan hanya berjalan beberapa waktu saja dan iklan akan berhenti jika budget telah habis. Jika terlalu besar tanpa di hitung ROI maka juga akaan menjadi tidak efisien bahkan bisa merugi.
    d. Delivery method = Di awal2 campign saya sarankan untuk memilih accelerated, mengapa ? Agar kita segera dapat mengetahui begaimana performa campaign adwords kita serta mendapatkan banyak data pencarian dalam waktu singkat. Selain itu, dengan accelerated maka kita akan mengetahui juga berapa seharusnya budget yang dikeluarkan. Jika kita mendapatkan peringatan bahwa budget sudah habis, maka itu menandakan budget harian kita terlalu kecil.
    Dan setelah beberapa hal diatas di dapatkan maka kita bisa melakukan analisa lanjut sekaligus melakukan optimasi. Tidak selalu harus dengan menaikkan bid ataupun menaikan budget harian saja. Tapi bisa dilakukan dengan berbagai metode untuk meningkatkan quality score sehingga iklan akan berjalan efektif serta effisien.
    4.bid
  5. Untuk Ads extension di kosongkan terlebih dahulu. Akan kita setup kemudian.
    5.ad-extension
  6. Schedule : Ini adalah salah satu featured yang hanya ada ketika kita memilih all featured (no 2b diatas). Kita bisa melakukan penjadwalan iklan kapan iklan muncul dan di pause secara otomatis. Pada gambar dibawah saya menjadwalkan iklan senin-sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB dengan asumsi saat itu CS ready sehingga bisa melayani konsumen dengan fast respon. Dan saya mempause iklan saat tidak ada CS yang bertugas melayani calon constumer yang datang ke website melalui iklan kita. Sehingga biaya iklan tetap effisien, jangan sampai ada pelanggan sudah mengklik iklan dan ketika ingin berkomunikasi dengan CS ternyata tidak mendapat respon. (Kecuali Ecommerce yang sudah memiliki fitur add to cart dan berjalan otomatis)
    6.schedule

Selanjutnya tinggal create campaign. Selesai… setelah itu kita akan mensetup ad groups beserta keyword nya.

About Fendy Resdian Artanto

Konsultan Pemasaran Internet- Konsultan Pemasaran Internet UKM -Skill: SEO, SEM, FB marketing

Check Also

Google Adwords Anti Boncos

Sudah sering beriklan di google adwords tapi sering boncos ? Konversi jelek, trafik sedikit dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *