16 December, 2017
Home -> Adwords -> Memenangkan Kompetisi Adwords Melawan Raksasa

Memenangkan Kompetisi Adwords Melawan Raksasa

Salah satu kekurangan adwords adalah setiap pengiklan akan langsung berhadapan secara langsung jika membidik keyword yang sama. Ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari apalagi jika kompetisinya cukup berat melawan perusahaan raksasa dengan budget yang tidak terbatas.

Akan tetapi ternyata kita masih bisa “menelikung di belokan” kompetisi yang cukup berat itu. Sehingga website kitapun masih bisa tampil sempurna di top 4 bagian atas iklan google adwords. Kunci dari google adwords adalah pemilihan keyword yang cermat, serta setup campaign yang tepat, sehingga kompetisi apapun bisa “dilawan” dan dimenangkan dengan budget yang optimal.

Berikut salah satu screen shot dari kompetisi yang cukup berat di dunia fashion, akan tetapi website yang saya tangani masih bisa menduduki top 2. Keyword yang dibidik ini adalah buying keyword bukan sekedar keyword untuk mendatangkan trafik. Ketika menggunakan buying keyword maka hampir bisa dipastikan bahwa pengunjung yang di target sangat relevan dan sangat siap membeli produk !

kompetisi-adwords

Bagaimana caranya ?

Ini Rahasia memenangkan kompetisi :

  1. Pastikan keyword yang dibidik adalah buying keyword. Kita hanya ingin mendatangkan trafik yang benar2 siap untuk membeli. Karena itu target keyword pun harus benar2 di perhatikan. Ciri buying keyword sudah pernah kita bahas sebelumnya. Karena itu jika niche anda semisal baju renang anak, maka kita bisa berasumsi awal seharusnya buying keyword yang muncul seperti , jual baju renang anak, grosir baju renang anak, baju renang anak murah, dan berbagai keywords penjualan lainnya.
    Jika masih binun dengan ide ataupun ingin meriset lebih dalam buying keyword apa saja yang muncul. Rekan2 bisa membuka 3 website berikut
    – keywordtool.io
    – keywordshitter.com
    – ubersuggest.io
    – Wordrecon (Berbayar tapi sangat di rekomendasikan bagi yang memiliki budget)
    Keempat website tersebut memberi data keywords sugestion yang sering diketikkan para pencari yang berkaitan dengan rekan2.

    Langkahnya

    – Ketikkan baju renang anak di keywordtool.io
    keyword-tools
    – Muncul di salah satu hasilnya adalah jual baju renang anak. Ini adalah ide awalnya yaitu Buying Keyword + Produk.
    muncul-keyword+produk
    – Lalu masukkan kembali ke dalam keywordtool.io
    muncul-keyword-jual
    – Hasilnya semua keyword yang berkaitan dengan jual baju renang anak.
    – Lalu masukkan ke google keyword planner untuk mendapatkan data awal pencarian.
    masukkan-keyword-planner
    hasil-keyword-planner
    Penting diketahui : Bahwa data di google keyword planner tersebut adalah data pencarian Exact atau pencarian yang keywordnya sama persis. Pada kenyataanya sering lebih banyak jumlah pencariannya dikarenakan keyword pencariannya tidak persis sesuai data keyword planner.
    Contoh pada gambar pencarian : [jual baju renang anak] = 320 pencarian setiap bulan  akan tetapi pada kenyataannya jumlah pencarian bisa lebih besar dari pada 320 dikarenakan pengunjung datang tidak menggunakan kata kunci yang persis seperti itu, tapi semisal “dimana tempat jual baju renang anak” , “jual baju renang untuk anak” , “toko jual baju renang anak yang murah” dan berbagai keyword lainnya yang kesemuanya tetap merujuk ke keywords dasarnya yaitu [jual baju renang anak].
    Sehingga kita tidak perlu khawatir jika data pencariannya terlihat kecil, karena sering kali jumlah impresi dan klik iklan kita jauh diatas data tersebut.

  2. Gunakan minimal 4 kata sebagai kata kunci / keyword yang dibidik. Semakin panjang semakin bagus, dengan catatan harus memiliki jumlah pencarian di google keyword planner. Dengan semakin panjang keyword yang dibidik, maka potensi untuk membuat Quality Score (QS) iklan akan semakin baik. Quality score yang baik akan berpengaruh terhadap biaya perklik iklan. Karenanya, betapa beratnya kompetisi di keyword dasar, biasanya akan lebih ringan kompetisinya di long tail keyword nya (Keyword yang panjang).
    minimal 4 kata
    Contoh Buying Keyword minimal 4 kata untuk kompetisi sangat tinggi (Periode 1 Bulan)

     

    Hasil Kompetisi Keyword diatas dg periode yang sama
    Hasil Kompetisi Keyword diatas dg periode yang sama
  3. Tambahkan Tipe, spesifikasi produk, atau bahkan brand. Menambahkan ketiganya akan membuat keyword menjadi unik sehingga lebih mudah keluar dari kompetisi serta akan meningkatkan QS secara signifikan jika ditunjang dengan landing page yang bagus secara seo onpage.
    Akan tetapi ada beberapa catatan yang harus diperhatikan agar tidak melanggar Adwords Policy :
    – Jumlah pencarian harus tersedia di keyword planner
    – Perusahaan pemilik brand atau tipe yang di iklankan tidak melarang brand nya di iklankan.

    nama-brand
    Menggunakan keyword brand

    Ketika menggunakan keyword brand, tipe dan spesifikasi, kadang sudah tidak perlu lagi menggunakan buying keyword seperti gambar diatas dikarenakan biaya perklik nya udah sangat kecil dan pencarian tidak sebesar keyword umum, akan tetapi keyword brand ini bisa mendukung mendatangkan trafik dan juga mendapatkan kata kunci terkait pada search term, yang bisa digunakan untuk optimasi SEO. (Dibahas lain waktu)

Dari ketiga Hal diatas sebenarnya apa kunci sebenarnya memenangkan kompetisi ?

  1. Cari / buat keyword unik
  2. Tingkatkan Quality Score dengan keyword unik tersebut
  3. Amati kelemahan kompetitor, dan jadikan kelemahan itu menjadi keunggulan website sendiri.
  4. Menangkan kompetisi jangka panjang.

Setelah mengetahui dan menemukan keyword yang menjadi terget, ternyata tugasnya belum selesai. Tugas selanjutnya adalah :

  1. Melakukan filter kompetitor
  2. Melihat titik lemah kompetitor
  3. Membuat Landing Page kita unggul terhadap kompetitor
  4. Lalu mensetup adwords sehingga bisa memenangkan kompetisi jangka panjang.

Filter Kompetitor

  1. Kita mengambil contoh adalah keyword “baju renang anak”
  2. Menggunakan cara memenangkan kompetisi diatas maka kita mendapat keyword “jual baju renang anak karakter” beserta turunannya. Kita lihat hasil perbedaan kompetisi keywordnya di keyword planner.
    hasil-keyword
  3. Cek kompetisinya secara langsung menggunakan ad preview tools
    hasil-atashasil-bawahTidak perlu khawatir jika menghadapi raksasa iklan seperti diatas. Karena biasanya mereka memiliki titik lemah dikarenakan terlalu besarnya market mereka.

Titik Lemah Kompetitor

  1. Jika keyword tidak terdapat di title ataupun deskripsi iklan.
    Jika semakin banyak title atau deskripsi yang tidak mengandung keyword secara keseluruhan berarti peluangnya masih sangat besar.
  2. Jika keyword tidak terdapat di title, judul dan konten pada landing page iklan.
    Bisa kita lihat dari iklan yang kita klik dibawah.

    tokopedia
    Tokopedia
    bukalapak
    bukalapak
    blibli
    blibli
    LeeVierra
    LeeVierra
  3. Jika tidak memiliki isi konten berupa yang mencukupi, hanya berupa gambar (biasanya website ecommerce)

Berdasar ketiga hal diatas, maka gambar2 landing page tersebut menunjukan “kelemahan” seo Onpage nya. Kelemahan inilah yang akan ditutupi dengan membuat landing page dibawah.

Buat Landing Page

  1. Tutup semua titik lemah diatas pada landing page. Berarti landing page harus berisi keyword pada title, judul hingga artikel konten.
  2. Gambar / video produk yang juga mengandung keywords dan diletakkan di bagian atas sebelum isi konten.
  3. Lalu informasi dan konten yang berisi keyword dibawahnya yang SEO onpage Friendly serta user friendly.

Langkah terakhir adalah mensetup campaign. Langkah terakhir ini terbilang sangat penting. Karena semua hal diatas akan sia sia jika kemudian langkah terakhir ini tidak mendukung semua langkah diatas.

Tapi saya yakin rekan2 masih bertanya, apakah bukti bahwa tips dan trik tersebut berhasil ? Maka saya kumpulkan di Bukti Optimasi Adwords

Semoga bermanfaat, Yuk kita diskusi. 🙂

About Fendy Resdian Artanto

Konsultan Pemasaran Internet- Konsultan Pemasaran Internet UKM -Skill: SEO, SEM, FB marketing

Check Also

Google Adwords Anti Boncos

Sudah sering beriklan di google adwords tapi sering boncos ? Konversi jelek, trafik sedikit dan …

4 comments

  1. mantap, gan

  2. tulisan sangat bermanfaat banget, terutama untuk yang baru nyemplung di adw.. terima kasih banyak

  3. Assalamu’alaikum wr wb.

    Terima kasih ilmunya, salam kenal. saya wando, masih baru mempelajari SEO, ada kah panduan/artikel yg praktikal utk beginner lainnya?
    Wass wr wb

  4. Hebat ilmu nya gan, jadi banyak tau neh tentang adwords

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *